Thursday, March 03, 2011

Setting FlashDevelop untuk Menggunakan Molehill & Away3D v4

>For english version, read here: http://bit.ly/f1bcuh<

Intro :
Seperti yang kita tahu kalau Adobe baru-baru ini merilis FlashPlayer 11 (Incubator build). Salah satu fitur dari FlashPlayer 11 ini yang paling banyak dibicarakan adalah Molehill API. Molehill API ini adalah codename untuk API yang mendukung 3D Accelerated GPU. Dengan adanya Molehill ini maka rendering grafis 3D akan terasa sangat halus & lancar  dikarenakan FlashPlayer yg terhubung dengan DirectX 9 (windows) &  OpenGL (mac & linux). Molehill API ini sendiri adalah API yg  benar-benar low level, jadi mungkin agak rumit bagi developer yang belum  pernah memegang pemrograman OpenGL maupun DirectX. Beruntunglah pada  saat FlashPlayer 11 ini dirilis, banyak framework 3D untuk Flash yang  telah ada sebelumnya, dirilis untuk mendukung Molehill API ini. Antara  lain ada Away3D, Flare3D dan Alternativa. Pada topik ini, saya akan  mencoba untuk menggunakan Away3D & FlashDevelop untuk membuat  project yang menggunakan Molehill API ini.

Sebelumnya,  saya asumsikan bahwa kita sudah punya FlashDevelop & bisa  menggunakan FlashDevelop untuk kompilasi project Actionscript.


File-file yang dibutuhkan untuk tutorial ini :
  1. Download Flex SDK terbaru (4.5.0.19876) di sini
  1. Download playerglobal.swc di sini (note: Jika setelah selesai download, file berubah menjadi .zip, tinggal rename saja menjadi .swc)
  2. Download Away 3D versi 4.0 Alpha, ambil di sini
  1. Download dan install FlashPlayer 11 (incubator build) di sini
Langkah-langkah setting Flex SDK dan FlashDevelop:
  1. Unzip FlexSDK
  2. Buat  folder bernama “10.1” di {FolderFlexSDK}/frameworks/libs/player. (note:  folder ini dibutuhkan karena FlashDevelop saat ini hanya mempunyai opsi  untuk mentarget FlashPlayer maksimal di versi FlashPlayer 10.1)
  3. Copykan  file flashplayer_inc_playerglobal_022711.swc (hasil download dari file  nomer 2) ke dalam folder “10.1”, lalu ganti namanya menjadi  playerglobal.swc
  4. Atur FlashDevelop untuk menggunakan Flex SDK terbaru.
  5. Untuk setiap project yang dibuat, pastikan untuk properties project mempunyai setting:
  • Pastikan  target FlashPlayer nya adalah FlashPlayer 10.1 dan pada pilihan test  movie, pilih Play in popup (note: popup ini seperti kita menjalankan FP  pada browser, dikarenakan belum ada standalone FP 11, maka kita harus  pilih popup)

  • Tambahkan compiler argument -swf-version=13, di “Additional Compiler Option”.

*Kemungkinan  besar FlashDevelop akan berjalan dengan lambat dan menggunakan proses  CPU yang besar (biasanya kalo pakai laptop, kipas prosesor akan berputar  dengan kencang). Lalu pada saat FlashDevelop ditutup, muncul peringatan  seperti ini:

Untuk  menghindari hal ini, buka folder  {FolderFlexSDK}/frameworks/locale/en_US/ (note: FolderFlex ini adalah  Flex SDK yang dipakai di setting FlashDevelop). Lalu hapus atau rename  file playerglobal_rb.swc (note: file ini adalah file dokumentasi swc  untuk playerglobal, jadi tidak masalah jika dihapus/rename)

*Anda bisa mencoba project yang sudah saya buat dan bisa di download di sini. (note: saya tidak menyertakan folder Away3D, jadi silahkan dicopy sendiri. Jangan lupa dibaca comment-comment nya ^_^)

Update: agar file object yang dibuat dengan molehill bisa di-render oleh GPU, tambahkan parameter "wmode=direct" di file html (defaultnya yang digenerate oleh FlashDevelop adalah index.html).

No comments: