Intro :
Seperti yang kita tahu kalau Adobe baru-baru ini merilis FlashPlayer 11 (Incubator build). Salah satu fitur dari FlashPlayer 11 ini yang paling banyak dibicarakan adalah Molehill API. Molehill API ini adalah codename untuk API yang mendukung 3D Accelerated GPU. Dengan adanya Molehill ini maka rendering grafis 3D akan terasa sangat halus & lancar dikarenakan FlashPlayer yg terhubung dengan DirectX 9 (windows) & OpenGL (mac & linux). Molehill API ini sendiri adalah API yg benar-benar low level, jadi mungkin agak rumit bagi developer yang belum pernah memegang pemrograman OpenGL maupun DirectX. Beruntunglah pada saat FlashPlayer 11 ini dirilis, banyak framework 3D untuk Flash yang telah ada sebelumnya, dirilis untuk mendukung Molehill API ini. Antara lain ada Away3D, Flare3D dan Alternativa. Pada topik ini, saya akan mencoba untuk menggunakan Away3D & FlashDevelop untuk membuat project yang menggunakan Molehill API ini.
Sebelumnya, saya asumsikan bahwa kita sudah punya FlashDevelop & bisa menggunakan FlashDevelop untuk kompilasi project Actionscript.
File-file yang dibutuhkan untuk tutorial ini :
- Download Flex SDK terbaru (4.5.0.19876) di sini
- Download playerglobal.swc di sini (note: Jika setelah selesai download, file berubah menjadi .zip, tinggal rename saja menjadi .swc)
- Download Away 3D versi 4.0 Alpha, ambil di sini
- Download dan install FlashPlayer 11 (incubator build) di sini
- Unzip FlexSDK
- Buat folder bernama “10.1” di {FolderFlexSDK}/frameworks/libs/player. (note: folder ini dibutuhkan karena FlashDevelop saat ini hanya mempunyai opsi untuk mentarget FlashPlayer maksimal di versi FlashPlayer 10.1)
- Copykan file flashplayer_inc_playerglobal_022711.swc (hasil download dari file nomer 2) ke dalam folder “10.1”, lalu ganti namanya menjadi playerglobal.swc
- Atur FlashDevelop untuk menggunakan Flex SDK terbaru.
- Untuk setiap project yang dibuat, pastikan untuk properties project mempunyai setting:
- Pastikan target FlashPlayer nya adalah FlashPlayer 10.1 dan pada pilihan test movie, pilih Play in popup (note: popup ini seperti kita menjalankan FP pada browser, dikarenakan belum ada standalone FP 11, maka kita harus pilih popup)

- Tambahkan compiler argument -swf-version=13, di “Additional Compiler Option”.

*Kemungkinan besar FlashDevelop akan berjalan dengan lambat dan menggunakan proses CPU yang besar (biasanya kalo pakai laptop, kipas prosesor akan berputar dengan kencang). Lalu pada saat FlashDevelop ditutup, muncul peringatan seperti ini:
Untuk menghindari hal ini, buka folder {FolderFlexSDK}/frameworks/locale/en_US/ (note: FolderFlex ini adalah Flex SDK yang dipakai di setting FlashDevelop). Lalu hapus atau rename file playerglobal_rb.swc (note: file ini adalah file dokumentasi swc untuk playerglobal, jadi tidak masalah jika dihapus/rename)
*Anda bisa mencoba project yang sudah saya buat dan bisa di download di sini. (note: saya tidak menyertakan folder Away3D, jadi silahkan dicopy sendiri. Jangan lupa dibaca comment-comment nya ^_^)
Update: agar file object yang dibuat dengan molehill bisa di-render oleh GPU, tambahkan parameter "wmode=direct" di file html (defaultnya yang digenerate oleh FlashDevelop adalah index.html).
No comments:
Post a Comment